Samsung akan perlihatkan smartphone dengan layar fleksibel saat CES 2013?


Samsung Electronics dikabarkan akan memamerkan sebuah smartphone baru dengan layar fleksibel buatan Samsung Display saat berlangsungnya pameran elektronik internasional CES 2013 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, awal Januari mendatang.

Menurut sumber dari CNet kemarin, pengunjung pameran akan melihat smartphone baru dengan layar fleksibel 5,5-inci dengan resolusi HD (1280x720 piksel) dan kerapatan piksel 267ppi. Selain itu, Samsung Display juga akan memamerkan televisi dengan ukuran layar 55-inci.

Sebuah layar fleksibel menawarkan kebebasan dalam hal desain, kata perwakilan Samsung Display kepada CNET, sambil memberi catatan bahwa pada demo layar fleksibel nanti cuma bisa melengkung tanpa sobek, namun belum bisa untuk digulung. Selain menciptakan materi yang menjadi substansi utama dari layar, laboratorium Samsung Display juga harus mengembangkan panel sentuh dan lensa penutup, kedua komponen yang membuat layar menjadi layar yang bisa digunakan.

Samsung telah mengembangkan layar yang bisa melengkung untuk beberapa waktu, dan mulai memamerkan dengan layar yang lebih kecil, seperti layar WVGA 4,5-inci dengan kerapatan piksel sekitar 200ppi saat berlangsungnya CES 2011. Dengan peningkatan resolusi dan ukuran layar, Samsung jelas sejalan dengan harapan untuk standar smartphone saat ini.

Sebelumnya, analis RBC Doug Freedman mengatakan bahwa Samsung akan memiliki smartphone dengan layar anti pecah pada pertengahan tahun depan. Dia mengungkapkan hal ini dalam sebuah catatan yang sangat singkat pada perjalanannya untuk bertemu dengan sumber rantai pasokan komponen di Asia.

Selain menunjukkan layar fleksibel, Samsung juga akan memamerkan Smart TV 30-inci dengan layar transparan yang terbuat dari kaca. Seperti dikabarkan sebelumnya, Samsung Electronics saat ini memang sedang mengembangkan satu set Smart TV dengan menggunakan panel layar transparan. Idenya adalah untuk memanfaatkan jendela atau dinding bangunan atau rumah sebagai layar TV built-in dan membawa sebuah inovasi baru dalam desain TV.