Apa harapan netizen untuk TIZEN?


Versi penuh dari TIZEN, platform open source baru yang dikembangkan secara bersama oleh Samsung dan Intel, akan diluncurkan pada Januari mendatang. Topik ini telah menarik netizen di Korea Selatan untuk memberi tanggapan, apalagi Samsung telah menyatakan bahwa mereka menargetkan bisa menjual 10 juta smartphone TIZEN selama 2013.

Rata-rata reaksi dari netizen yang kebanyakan pria ini untuk TIZEN bernada "setengah berharap, setengah cemas". Seorang netizen mengungkapkan harapannya untuk TIZEN bisa maju ke depan bersaing dengan platform smartphone lainnya, walaupun dia sedikit cemas dan penasaran akan masa depan TIZEN.

Sementara netizens lainnya mengharapkan TIZEN akan memiliki kinerja seperti iOS, karena menurutnya platform software buatan Apple itu "nyaris tanpa bug dengan kinerja yang fleksibel." Menurutnya Samsung adalah perusahaan yang cerdas, mereka tidak akan membuatnya jika tidak bisa melakukannya dengan baik. Netizen lainnya menyatakan maklum jika untuk pertama nanti akan banyak kelemahan di TIZEN, namun dia mengharapkan Samsung nantinya bisa "bergerak cepat untuk memperbaikinya."

Saat ini sebagai pemimpin di pasar smartphone dunia, Samsung Electronics akan meluncurkan platform mobile yang benar-benar baru, terutama di tengah pasar yang dikuasai duopoli Apple iOS dan Google Android. Samsung sendiri sangat berharap TIZEN bisa secepatnya memperoleh traksi, sehingga bersama-sama iOS dan Android akan bisa membentuk segitiga platform software smartphone terbesar yang salah satunya murni dibawah penguasaannya.

Smartphone TIZEN pertama Samsung rencananya akan dirilis secara global di Eropa, Rusia, Jepang, dan pasar di berbagai belahan dunia lainnya di tahun depan.