NTT DoCoMo fokus pada pengembangan TIZEN sebagai pengganti Android dan iOS


NTT DoCoMo akan memusatkan perhatian pada platform software open source baru TIZEN untuk produk perangkat seluler mereka dan mulai ikut dalam pengembangannya bersama Intel dan Samsung Electronics. Operator seluler terbesar di Jepang yang tergabung dalam konsorsium Tizen Association ini secara aktif juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan TIZEN, antara lain tentang bagaimana distribusi software yang relevan.

Dikutip dari media elektronik Jepang Nikkan Kogyo Shimbun, langkah terbaru NTT DoCoMo ini bertujuan untuk meningkatkan pasar TIZEN secara relevan, dan untuk memecah situasi ketergantungan perusahaan selama ini pada sistem operasi Android dari Google dan iOS dari Apple.

Ekosistem TIZEN yang antara lain berbasis pada penggunaan HTML5 untuk dukungan aplikasi juga akan digunakan oleh DoCoMo dalam menyediakan layanan canggih mereka buat pelanggan. Dan perangkat TIZEN beserta ekosistemnya sendiri akan menjadi faktor dalam menarik dukungan bagi NTT DoCoMo dalam usahanya untuk melarikan diri dari "kontrol" Google dan Apple Inc.

Android dan iOS saat ini merupakan dua pemegang pasar utama untuk OS smartphone di Jepang yang mengoperasikan aplikasi dalam platform distribusi mereka sendiri. Namun kedua ekosistem aplikasi itu telah membentuk sejumlah kendala pada distribusi dan penagihan. Penyedia layanan nirkabel berbasis pelanggan seperti NTT DoCoMo berharap bisa mengatasi kendala ini melalui pengembangan saluran aplikasi sendiri dengan cara mempromosikan penggunaan HTML5. Dan TIZEN dianggap sebagai OS yang cocok untuk itu.

Seorang pejabat dari NTT DoCoMo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan terlalu banyak campur tangan dalam pengembangan TIZEN untuk sistem operasinya karena itu sudah menjadi tanggung jawab Samsung Electronics dan Intel, namun pihaknya akan lebih menekankan pada pengembangan layanan untuk pelanggan mereka, termasuk sistem penagihan atau pembayaran aplikasi dan konten.

NTT DoCoMo adalah penyedia utama layanan mobile voice, data dan multimedia di Jepang. Dengan lebih dari 60 juta pelanggan di Jepang, NTT DoCoMo adalah salah satu operator komunikasi mobile terbesar di dunia dan menguasai 60 persen lebih pelanggan seluler di Jepang. DoCoMo juga telah memperluas jangkauan global mereka melalui kantor-kantor dan anak perusahaan yang ada di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Utara, serta aliansi strategis dengan penyedia layanan mobile dan multimedia di pasar dunia.

Dalam jajaran Board of Directors dari Tizen Association, Dr. Kiyohito Nagata yang saat ini menjabat sebagai Senior Vice President and Managing Director of Strategic Marketing Department di NTT DoCoMo juga menjadi menjadi salah satu Officer dari Tizen Association. Selain DoCoMo, dua perusahaan Jepang lainnya seperti Panasonic dan NEC juga telah menjadi anggota dari Tizen Association


Via Nikkan