Khronos rilis update spesifikasi OpenCL 1.2

Khronos™ Group hari ini di acara SIGGRAPH Asia 2012 yang berlangsung di Singapura mengumumkan rilis ratifikasi dan publik untuk update ke spesifikasi OpenCL™ 1.2, standar yang terbuka dan bebas royalti untuk pemrograman paralel prosesor modern secara cross-platform. Versi update yang kompatibel secara backward untuk spesifikasi inti OpenCL 1.2 hadir dengan perbaikan bug dan klarifikasi serta mendefinisikan ekstensi opsional tambahan untuk peningkatan kinerja, fungsionalitas dan ketahanan untuk pemrograman paralel pada berbagai platform. Ekstensi opsional tidak harus didukung oleh penerapan konforman OpenCL, namun diharapkan akan tersedia secara luas; mereka mendefinisikan fungsi yang cenderung bergerak ke penetapan fitur yang diperlukan dalam revisi masa depan untuk spesifikasi OpenCL.

"Kelompok kerja OpenCL terus mendengarkan dengan seksama setiap tuntutan komunitas pengembang, dan update ini memberikan peningkatan yang tepat waktu dalam fungsi dan kehandalan kode porting di seluruh implementasi vendor," kata Neil Trevett, ketua kelompok kerja OpenCL, presiden Khronos Group dan wakil presiden dari konten mobile di NVIDIA. "Ekstensi baru ini memungkinkan akses ke fungsi awal untuk kasus penggunaan key, termasuk kemampuan keamanan untuk implementasi WebCL yang memungkinkan akses untuk OpenCL dalam browser."

Ekstensi OpenCL 1.2 yang baru menyediakan program paralel yang fleksibilitas, fungsionalitas dan kinerja yang telah ditingkatkan melalui pembaruan dan penambahan, termasuk:
  • Memungkinkan image OpenCL yang akan dibuat dari tekstur OpenGL multi-sampel yang dirancang untuk multi-sampel anti-aliasing menggunakan warna atau kedalaman, memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam interoperating grafis dan komputasi 3D;
  • Menciptakan gambar 2D dari buffer OpenCL untuk memungkinkan fleksibilitas dimana struktur memori diproses menggunakan properti canggih dari image OpenCL;
  • Menyediakan fitur keamanan untuk implementasi WebCL berlapis diatas OpenCL, termasuk: kemampuan untuk menginisialisasi memori lokal dan private sebelum kernel memulai eksekusi, dan query baru dan API untuk mengakhiri konteks OpenCL untuk memastikan kernel yang berjalan lama tidak mempengaruhi stabilitas sistem;
  • Memuat obyek program OpenCL dari perwakilan Standard Portable Intermediate Representation (SPIR). SPIR adalah representasi vendor netral non-sumber untuk program OpenCL C yang memungkinkan peningkatan fleksibilitas tool chain dan menghindari kebutuhan untuk menirimkan kernel source dalam aplikasi komersial.

"ARM melihat fungsionalitas komputasi GPU sebagai enabler fundamental untuk pengalaman pengguna yang ditingkatkan dan peningkatan efisiensi energi di perangkat mobile dan konsumen. OpenCL adalah standar kunci untuk mengubah tujuan ini menjadi kenyataan," kata Jem Davies, ARM fellow and vice president of technology, media processing division, ARM. "Kami berharap dapat memperluas dukungan Full Profile OpenCL 1.1 dan memasukkan OpenCL 1.2 sebagai bagian dari GPU ARM seri Mali-T600."

"Intel senang dengan peningkatan portabilitas dan interoperabilitas yang dihadirkan oleh update spesifikasi OpenCL 1.2," kata Bill Savage, wakil presiden dan general manager dari Divisi Pengembangan Produk dari Intel Software and Services Group. "Perbaikan ini harus mendorong inovasi pengembang dan merupakan langkah penting dalam evolusi set fitur OpenCL."

Update spesifikasi OpenCL 1.2 yang telah diperbarui, bersama-sama dengan halaman referensi online dan kartu referensi, telah tersedia di www.khronos.org/opencl/.