W3C berencana untuk menyelesaikan HTML5 dan HTML5.1 pada 2014/2016


W3C (Worldwide Web Consortium) akhirnya mengumumkan tanggal komitmen untuk menyelesaikan spesifikasi HTML5 dan spesifikasi HTML5.1. Ini tentunya adalah berita bagus bagi para desainer web dan pengembang web di seluruh dunia yang mengharapkan banyak kemajuan untuk membuat segalanya lebih mudah baik dalam hal coding, markup dan membawa inovasi baru ke proyek mereka.

W3C telah mengumumkan bahwa spesifikasi HTML5 akan selesai pada tahun 2014. W3C telah menentukan waktu di mana mereka percaya bahwa mereka dapat mencapai tujuan mereka pada 2014, dan sayangnya tidak ada bulan atau tanggal resmi yang telah ditetapkan untuk tahun 2014. Sementara fitur yang sekiranya akan memakan banyak waktu dan tidak stabil dalam spesifikasi HTML5 akan ditangguhkan ke versi HTML5.1.

W3C juga mengumumkan keyakinannya bahwa mereka akan menyelesaikan spesifikasi HTML5.1 sebelum akhir 2016 dan sekali lagi tidak ada kata yang menyebutkan bulan dan tanggal di 2016 dimana mereka yakin akan menyelesaikannya. HMTL5.1 akan sangat mirip dengan HTML4.1 yang berarti bahwa setiap kode yang dianggap tidak stabil tidak akan mungkin terlihat dalam versi pertama peluncurannya pada 2014. Belum juga diumumkan atau bahkan disebutkan bahwa akan ada logo baru untuk HTML5.1 atau bisa jadi masih akan menggunakan logo HTML5 standar.

Jika semua berjalan sesuai rencana, yang pertama harus disetujui W3C seperti yang mereka katakan adalah memasukkan HTML5 dalam status "Recommendation", yang merupakan langkah berikutnya dari proses standarisasi, yang diperkirakan akan selesai pada akhir kuartal keempat tahun ini juga.

Anda bisa mempelajari selengkapnya tentang rencana W3C ini di situs resmi tim pengembang W3C dalam laporan khusus "Plan 2014".