Samsung diprediksi makin meninggalkan Apple di 2013, Huawei masuk 5 besar


Dua anggota Tizen Association, Samsung dan Huawei, diprediksi akan semakin meningkatkan pangsa pasarnya untuk segmen smartphone di tahun 2013. Samsung Electronics diharapkan akan memperlebar keunggulannya atas pesaing terdekat Apple berkat diversifikasi produknya yang luas, dan Huawei akan masuk 5 besar produsen smartphone dunia.

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Korea Investment & Securities Co. dan dikutip oleh Yonhap News Agency, Samsung diperkirakan akan memegang pangsa 37 persen dari pasar smartphone global pada tahun 2013, dengan keberhasilan menjual 284 juta unit smartphone ke seluruh dunia. Hasil ini berbanding dengan pangsa pasar iPhone 20,4 persen, yang setara dengan 157 juta unit.

Perbedaan antara raksasa penguasa pasar smartphone ini diperkirakan akan meningkat menjadi 16,6 persen tahun depan, dibandingkan dengan 13,2 persen tahun ini. Untuk tahun 2012, Samsung Electronics akan memegang pangsa pasar sebesar 33,1 persen dengan 212,9 juta unit, sementara Apple akan memegang pangsa pasar 19,9 persen dengan 128 juta unit. Tahun lalu, kesenjangan pangsa pasar antara keduanya cuma 7 persen.

Sementara itu, LG Electronics Inc yang sebelumnya terpuruk di pasar smartphone, akan meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 4,7 persen pada 2013 dari 4,1 persen tahun ini, sementara Nokia Corp akan turun lagi menjadi 4,7 persen dari 5,6 persen tahun ini. OS baru Windows Phone 8 diperkirakan masih tidak cukup kuat untuk menolong Nokia tahun depan.

Korea Investment & Securities juga memprediksi vendor smartphone asal China, seperti ZTE Corp dan Huawei Technologies Co, untuk terus mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan yang cepat dari pasar smartphone China. Huawei dan ZTE masing-masing akan memegang 4,7 persen dan 4,4 persen, dari pasar smartphone global tahun depan, naik dari 4,2 persen dan 3,9 persen tahun ini. Pertumbuhan Huwaei yang lebih cepat akan membuatnya menggeser ZTE yang di tahun ini berada di posisi 4 untuk pangsa pasar produsen smartphone dunia.