Linux Foundation umumkan Automotive Grade Linux dengan TIZEN sebagai platform referensi


Linux Foundation pada 19 September yang lalu mengumumkan Automotive Grade Linux Workgroup (AGL). Workgroup tersebut akan memfasilitasi kolaborasi industri luas bahwa kemajuan pengembangan perangkat otomotif, menyediakan sebuah platform referensi komunitas yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan produk.

Jaguar Land Rover, Nissan dan Toyota adalah beberapa pembuat mobil pertama yang berpartisipasi dalam Automotive Grade Linux Workgroup. Anggota lainnya termasuk Aisin AW, DENSO Corporation, Feuerlabs, Fujitsu, HARMAN, Intel, NEC, NVIDIA, Reaktor, Renesas, Samsung, Symbio, Texas Instruments Incorporated (TI), and Tieto.

Sebuah perubahan besar sedang berlangsung di industri otomotif. Pembuat mobil menggunakan teknologi baru untuk memenuhi harapan konsumen untuk konektivitas yang sama di mobil seperti apa yang saat ini ada di rumah dan kantor. Dari komputasi dashboard ke In-Vehicle-Infotainment (IVI), mobil menjadi perangkat nirkabel terbaru - di atas roda. Dengan memanfaatkan investasi kolektif $10 milyar yang sudah dibuat dalam kernel Linux dan mengambil keuntungan dari kontribusi teknologi dari elektronik konsumen dan pasar komputasi enterprise, pembuat mobil dapat menggunakan teknologi Linux dan open source untuk mempercepat inovasi.

Automotive Grade Linux Workgroup akan bekerja dengan proyek TIZEN sebagai referensi distribusi yang telah dioptimalkan untuk satu set yang luas dari aplikasi otomotif mulai dari Cluster Instrumentasi ke In-Vehicle-Infotainment (IVI) dan banyak lagi. Linux Foundation akan menjadi tuan rumah dari upaya ini, dengan menyediakan lingkungan yang netral untuk kerja sama antara komunitas kernel Linux, komunitas open source software lainnya dan industri otomotif.

Platform referensi akan menggunakan hulu kebijakan pertama dan mendukung siklus hidup dari mobil. Hal ini akan memungkinkan untuk dukungan yang berkelanjutan untuk produk yang dibangun dengan Automotive Grade Linux, serta dukungan untuk fitur penting seperti booting yang cepat.

"Workgroup ini akan memanfaatkan TIZEN untuk membuat proyek seperti Debian atau Fedora untuk industri otomotif," kata Jim Zemlin, direktur eksekutif di Linux Foundation. "Seperti distribusi komunitas lainnya, Automotive Grade Linux dengan cepat akan memberi nyawa untuk teknologi canggih untuk mobil dan mitra mereka yang dapat membangun produk berbasis Linux untuk mobil terbaru."

"Sebuah distribusi komunitas Linux untuk otomotif sangat penting," kata Ken-ichi Murata, Project General Manager dari Toyota Motor Corporation. "Ada seperangkat inti dari persyaratan khusus untuk industri otomotif, dan kolaborasi pembangunan dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut lebih cepat dan lebih efisien."

Linux Foundation juga mengumumkan bahwa HARMAN dan Jaguar Land Rover menjadi anggota Silver dari organisasi. Perusahaan-perusahaan ini mengakui nilai Linux dalam menggapai masa depan teknologi mobil dan bertujuan untuk memaksimalkan investasi mereka dalam platform melalui keanggotaan Linux Foundation.

Automotive Grade Linux juga mendukung upaya-upaya lain seperti GENIVI Alliance dan W3C workshop di Web dan Otomotif. Untuk informasi lebih lanjut tentang Automotive Grade Linux Workgrou, silakan kunjungi: http://automotive.linuxfoundation.org.