TizMee hadirkan aplikasi TIZEN buat Nokia N9 & N950


Meskipun pengembangan platform software MeeGo secara resmi telah dihentikan secara sepihak oleh Nokia, namun pengguna smartphone Nokia N9 dan N950 yang berbasis MeeGo Harmattan tidak perlu berkecil hati akan masa depan aplikasi yang tersedia untuk perangkat mereka. Pengembang Mike Sheldon telah melangkah lebih jauh daripada pengembang lain yang masih seputar berencana dengan merilis versi publik pertama dari TizMee, sebuah aplikasi yang dirancang untuk bisa menjalankan aplikasi HTML5 dari TIZEN pada perangkat berbasis MeeGo.

Dalam posting terakhir di blog nya, Sheldon telah memberikan rincian dari aplikasi yang dibuat berdasarkan porting dari Apache Cordova dari PhoneGap untuk Qt. Sheldon telah mengambil dasar ini dan kemudian mengimplementasikan API spesifik dari TIZEN sebagai percampuran antara C dan JavaScript dalam plugin Cordova.

TizMee masih dalam pengembangan tahap awal, seperti dilambangkan dengan statusnya yang masih versi 0.1, tetapi Sheldon telah membuat binari nya tersedia untuk perangkat berbasis MeeGo Harmattan, seperti Nokia N9 dan N950, dan untuk Nemo Mobile dalam repositori personal (beserta python-pyside). Kode untuk lisensi Apache 2.0 dari TizMee tersedia melalui repositori Gitorious.

Dalam video berikut, Sheldon menunjukkan aplikasi TIZEN yang berjalan pada perangkat MeeGo Nokia N9/N950 lewat TizMee: