jQuery Mobile 1.2.0 Alpha dirilis, mendukung bada & TIZEN dengan grade A


Tim jQuery Mobile pada 1 Agustus kemarin telah mengumumkan perilisan versi alpha dari 1.2.0 . Rilis ini membawa sebuah popup widget baru, pilihan autodivider untuk listviews, dan sejumlah perangkat tambahan dan perbaikan buat seluruh library untuk membuatnya lebih halus, cepat, dan lebih dipoles.

Fitur terbesar dari jQuery Mobile 1,2 popup widget baru. Ide untuk popup ini adalah untuk membuat elemen fleksibel yang memudahkan untuk menempatkan konten atau widget di overlay yang mengambang di atas halaman saat ini. Hal ini akan memudahkan untuk membangun sebuah tooltip, menu, form popup, map overlay, atau lightbox sederhana dengan widget yang sama.

Popup mengikuti pola markup dari dialog dan terdiri dari kontainer dengan data-role dari popup dan link dengan data-rel dari popup yang menunjuk ke ID dari kontainer itu. Ketika link diklik, popup akan ditampilkan. Mengklik di luar popup, menekan tombol kembali, atau menekan tombol Escape akan menutup semua popup.

Fitur kunci lainnya meliputi:
  • Collapsible Lists
  • Listview Autodividers
  • Read-only Lists: Flat Visual Style
  • Tombol ikon Controlgroup: lebih mudah untuk ditekan
  • Tombol di Toolbar: Sekarang Mini menjadi Default
  • Semua Form Elemen: Penyesuaian Lebar di Fieldcontainers
  • Event Touch dan vmoure: Sekarang tersedia untuk digunakan secara mandiri

jQuery Mobile 1.2 sekarang mendukung versi 1.6.4, 1.7.1, dan 1.7.2 dari jQuery core, dan disarankan untuk menggunakan 1.7.2 untuk mengambil keuntungan dari semua perbaikan dalam rilis terbaru.

jQuery Mobile adalah web framework yang telah dioptimalkan untuk sentuhan (yang juga dikenal sebagai JavaScript library atau mobile framework) yang saat ini dikembangkan oleh jQuery Mobile team. Pengembangan berfokus pada penciptaan kerangka yang kompatibel dengan berbagai macam smartphone dan tablet PC. JQuery Mobile framework juga kompatibel dengan framework aplikasi mobile dan platform lainnya seperti PhoneGap, Worklight dan banyak lagi.

jQuery adalah JavaScript library lintas browser yang dirancang untuk menyederhanakan client-side scripting dari HTML. jQuery dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan telah digunakan oleh lebih dari 52% dari 10.000 situs yang paling banyak dikunjungi, sehingga menempatkan jQuery JavaScript library paling populer yang digunakan saat ini. jQuery bersifat gratis, open source, dan berada dibawah lisensi dari MIT atau GNU General Public.

Jika sebelumnya Dolfin browser yang built-in pada setiap smartphone bada mendapat sertifikasi tertinggi dengan grade A, maka dalam daftar terbaru versi 1.2 untuk OS TIZEN juga telah selesai diuji dan mendapat grade A juga. Dalam website resmi jQuery Mobile, grade-A berarti penilaian untuk browser kualitas tertinggi, sebuah browser yang mampu memanfaatkan query media (persyaratan untuk jQuery Mobile) serta memiliki pengalaman yang sempurna dengan animasi transisi halaman berbasis Ajax sebagai persyaratan dukungan penuh untuk jQuery Mobile.

Anda bisa melihat demo dari jQuery Mobile versi 1.2.0 Alpha 1 disini.