Kebangkitan HTML5, Dominasi iOS dan Penurunan Android di Q2 2012


Appcelerator, perusahaan platform mobile terkemuka, dan firma analis industri terkemuka International Data Corporation (IDC), hari ini mengumumkan hasil dari survei baru yang dilakukan secara bersama terhadap 2.173 pengembang anggota Appcelerator di seluruh dunia. Laporan ini menunjukkan bahwa minat pengembang untuk membuat aplikasi buat Android terus berkurang karena fragmentasi berkelanjutan dari platform, dan HTML5 mulai memainkan peran yang lebih besar dalam ruang pengembangan aplikasi mobile tahun ini.

Ruang aplikasi mobile sampai saat ini telah didominasi oleh aplikasi native. Namun di tahun 2012, HTML5 telah terdorong ke pusat kekuasaan melalui dukungan baik untuk aplikasi mobile yang murni berbasis web maupun "aplikasi hybrid," yang mengintegrasikan baik kode asli dan sejumlah besar dari HTML5. Pendekatan ini akan membantu pengembang berinovasi di seluruh segmen aplikasi mobile yang saat ini dikuasai oleh platform iPhone, iPad maupun smartphone Android di 3 tempat teratas, sementara platform dari RIM dan lain-lain telah mengalami penurunan signifikan.

Platform lama seperti BlackBerry PlayBook, HP TouchPad (tablet WebOS), smartphone WebOS dan Symbian sudah tidak lagi dilirik oleh pengembang, dan tempatnya digantikan oleh yang lebih baru dan menjanjikan seperti Windows 8 Tablet, BlackBerry 10, Kindle Fire dan Smart TV yang dipimpin oleh Samsung Smart TV dan Apple TV. Sementara walaupun Android masih menikmati pertumbuhan yang sangat besar dalam pengiriman perangkat dan tetap menjadi platform software mobile terbesar kedua, namun masalah fragmentasi terus mengurangi ketertarikan pengembang aplikasi.

Berikut adalah beberapa temuan dari laporan untuk kuartal kedua 2012:

  • Pengembangan aplikasi mobile terus meningkat di tahun 2012. Lebih dari separuh (53,5%) responden melaporkan bahwa mereka sekarang fokus pada peningkatan strategi mobile mereka dibandingkan dengan 27,4% pada tahun 2010, dan 16,9% responden melaporkan bahwa mereka akan fokus untuk berinovasi pada aplikasi mobile mereka di tahun 2012 dibandingkan dengan 9,2% di 2010.
  • Apple iOS terus berada di puncak dalam soal ketertarikan pengembang untuk membuat aplikasi untuk mereka. Delapan puluh sembilan persen (89%) responden mengatakan mereka sangat tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk iPhone, diikuti oleh iPad dengan 88%.
  • HTML5 menjadi penting dalam strategi untuk banyak pengembang mobile. Sebanyak 79% dari pengembang mobile melaporkan bahwa mereka akan mengintegrasikan HTML5 di aplikasi mereka pada tahun 2012. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari pengamat industri yang mengantisipasi tren ini saat akhir Q4 2011 kemarin.
  • Platform Android baik untuk smartphone maupun tablet terus menunjukkan tren perlambatan dan penurunan. Pada kuartal ini, minat pengembang terhadap smartphone Android turun 4,7% menjadi 78,6%, dan Tablet Android turun 2,2% menjadi 65,9% dari survei sebelumnya. Meskipun dekat dengan atau di dalam margin kesalahan, penurunan ini berlangsung konsisten dengan kecenderungan perlambatan yang kecil tapi stabil dalam ketertarikan kepada Android selama empat kuartal terakhir, bahkan tidak terpengaruh walaupun pertumbuhan pengiriman dari perangkat Android masih terus berlangsung.
  • Pada kuartal ini kita juga melihat penurunan tajam dalam kepentingan pengembang di OS BlackBerry dan Windows Phone 7. Pengembang untuk BlackBerry turun dari 20,7% di Q4 2011 menjadi 15,5% di Q1 2012, sebagai dampak dari berbagai berita negatif di sekitar RIM. Sementara penurunan pada Windows Phone 7.5 semata karena tidak akan bisa diupgrade ke OS yang lebih baru Windows Phone 8.
  • Lokasi dan notifikasi adalah dua layanan cloud teratas dimana pengembang berencana untuk mengintegrasikan ke dalam aplikasi mereka untuk membantu meningkatkan inisiatif mobile mereka pada tahun 2012.


Laporan dari kuartal sebelumnya sebagai perbandingan bisa Anda lihat disini.