GSMA dan WAC bergabung untuk mempercepat pertumbuhan pasar aplikasi mobile berbasis HTML5


GSMA, asosiasi operator seluler seluruh dunia dan penyelenggara acara tahunan Mobile World Congress (MWC), hari ini mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk mengintegrasikan program utama dan inisiatif didorong oleh Wholesale Applications Community (WAC) ke dalam GSMA. Selanjutnya melalui perjanjian ini, Apigee, penyedia produk dan layanan API terkemuka, telah mengakuisisi aset teknologi dari WAC. Apigee akan terus membangun dan mengembangkan WAC Web Run Time berbasis HTML5 dan jaringan application programming interfaces (API) dan akan memberikan aset-aset ini sebagai layanan untuk GSMA dan operator mobile anggotanya.

"Sejak awal, WAC telah berkomitmen untuk menyederhanakan pengalaman pengembang dan mendorong inovasi melalui web run time terbuka dan platform API lintas-operator," kata Franco Bernabe, Chairman dari GSMA serta Chairman dan CEO dari Telecom Italia Group. "Mereka telah membuat kemajuan yang kuat, dengan operator mulai menggelar aplikasi WAC dan memanfaatkan WAC Payment API. Dengan mengintegrasikan WAC ke dalam GSMA, kita akan dapat skala ini di keanggotaan penuh kami, membantu operator di seluruh dunia untuk lebih melayani pelanggan mereka."

Pada bulan Februari, WAC meluncurkan Payment API, sebuah layanan tagihan operator yang memungkinkan pelanggan untuk membayar barang digital melalui tagihan operator mereka (atau istilah populernya disini melalui potong pulsa). WAC Payment API menawarkan pengembang cara mudah untuk menguangkan aplikasi mereka di berbagai platform dan teknologi, dengan menggunakan layanan penagihan lintas operator yang dapat diandalkan. WAC Payment API telah diluncurkan atau sedang dalam tahap percobaan dengan operator terkemuka seperti AT&T, Deutsche Telekom, KT, LGU+, SK Telecom, Smart Communications, Telefonica dan Telenor, dan sedang dalam pengembangan dengan 12 operator lain secara lebih lanjut. WAC Web Run Time telah diaktifkan pada sekitar 12 juta perangkat hingga hari ini dengan penyebaran yang sukses oleh operator termasuk KT, LGU+, SK Telecom dan Smart Communications.

"Kami sangat bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan oleh tim dalam mengembangkan dan menginkubasi platform terbuka berbasis web yang dapat menjalankan aplikasi dan memanfaatkan jaringan API di beberapa perangkat dan sistem operasi," kata Michel Combes, Chairman dari WAC. "Sekarang kami sangat gembira untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dari pembangunan kita dengan GSMA dan kemampuan mereka untuk membuat teknologi ini tersedia untuk 800 anggota mereka yang terdiri dari operator di seluruh dunia."

"AT&T dengan senang hati mendukung proyek API jaringan karena transisi ke dalam GSMA," kata John Donovan, Senior Executive Vice President dari AT&T Technology and Network Operation. "Industri kita membutuhkan solusi lintas operator untuk jaringan dan API berbasis operator seperti pesan, penagihan dan otentikasi ini akan memungkinkan konsumen mendapatkan pengalaman aplikasi yang lebih menarik dan menuai keuntungan dari internet mobile."

"WAC Web Run Time yang berdasarkan teknologi HTML5, telah menunjukkan kemungkinan untuk memberikan aplikasi lintas sistem operasi," kata Dr Terry Ahn, Executive Vice President of Mobile Business Group dari KT. "Dengan HTML5, kami percaya pengembang dengan mudah dapat beradaptasi dari satu platform ke yang lain dan menyediakan pelanggan kami dengan penggunaan yang lebih besar dari aplikasi di beberapa perangkat dan beberapa layar."