Intel luncurkan proyek HTML5 WebApps untuk sampel aplikasi Tizen


Proyek HTML5 webapps menampilkan berbagai sampel aplikasi web yang dibuat dengan kemampuan dan fitur terbaru dari HTML5 dan CSS3, termasuk antara lain canvas, transisi, penyimpanan lokal, dan media queries. Proyek ini diarahkan untuk pengembang agar mereka tertarik untuk membuat aplikasi yang menggunakan teknologi dan Web API terbaru.

HTML5 memperkenalkan beberapa fitur menarik, seperti canvas; lokal, sesi, dan penyimpanan database, elemen audio dan video; dan web worker. Di sisi lain, spesifikasi CSS3 memperkenalkan banyak fitur canggih, seperti transisi, transformasi dan animasi, mediaqueries, dan Webfonts. HTML5 dengan CSS3 memperluas kemampuan browser untuk tidak hanya bertindak sebagai penampil konten web, tapi juga untuk benar-benar menjalankan aplikasi web.

Untuk pengembang, jika Anda ingin referensi cepat tentang teknik apa yang digunakan dalam setiap sampel aplikasi, klik pada deskripsi aplikasi. Deskripsi memberikan gambaran tentang fitur HTML5/CSS3 mana yang digunakan dalam aplikasi ini. Untuk referensi yang lengkap, download repo. Sebuah link ke lisensi juga disediakan untuk setiap aplikasi. Anda juga perlu menginstal Tizen SDK pada sistem Anda untuk menjalankan aplikasi ini pada simulator atau emulator. Anda dapat menemukan rincian tambahan pada situs Tizen SDK Developer website. Saat ini, semua file konfigurasi (config.xml, .project) adalah bagian dari repo aplikasi. Kedua file yang penting untuk membuat file .wgt untuk diinstal pada emulator.

Untuk rilis awal dari proyek HTML5 webapps hanya berisi beberapa game dan aplikasi pendidikan. Selanjutnya, akan ditambahkan aplikasi utilitas dan produktivitas kedalam portofolio. Untuk pengguna yang hanya tertarik untuk men-download aplikasinya, situs ini akan menyediakan file .wgt untuk semua aplikasi.