Highlight TIZEN Mini-Summit di LinuxCon Japan 2012


LinuxCon Japan 2012 adalah konferensi utama Linux di Asia yang menggabungkan perpaduan unik dari pengembang inti, administrator, user, manajer komunitas, dan pakar industri. Konferensi ini dirancang tidak hanya untuk mendorong kolaborasi tetapi untuk mendukung interaksi di masa depan antara Jepang dan negara lainnya di Asia Pasifik, dan seluruh komunitas Linux global. Konferensi ini meliputi presentasi, tutorial, sesi khusus, ceramah, dan konferensi mini dari para sponsor.

LinuxCon Japan 2012 menjadi pameran Jepang dan konferensi Asia untuk Linux Foundation dengan bersama-sama membawa bakat teratas dari Jepang, Asia dan seluruh dunia. LinuxCon Japan 2012 berlangsung dari tanggal 6-8 Juni 2012 di Pacifico Yokohama, Yokohama, Jepang, dan dihadiri oleh pengembang Software, Linux IT Professionals, Corporate End Users, Senior Business Executives, IT Operations Experts, System Administrators, Mahasiswa, Media dan siapa saja yang berkepentingan dengan ekosistem Linux dan Tizen.


TIZEN Association, dan dua anggota platinum dari Linux Foundation, Intel dan Samsung bersama-sama menyelenggarakan TIZDN Mini-Summit di konferensi ini, untuk memperkenalkan elemen kunci dari platform dan ekosistem TIZEN kepada peserta konferensi. Pengembang yang hadir diberi Software Development Platform atau prototipe dari smartphone Tizen seperti saat Tizen Developer Conference yang lalu, yang memungkinkan mereka untuk mempelajari OS Tizen secara lebih terinci untuk kemudian bisa mengembangkan aplikasi HTML5 untuk perangkat Tizen di kemudian hari.


LinuxCon Japan 2012 akan dibuka oleh Jim Zemlin, Executive Director di Linux Foundation, pada hari pertama, 6 Juni 2012. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah dari pembicara kunci Dr. Kiyohito Nagata, Senior Vice President dari NTT DOCOMO sekaligus Chairman dari Tizen Association, yang mengambil tema "Expectations for Tizen."

Dalam sambutannya, Zemlin menjelaskan berbagai aspek dari kerjasama dalam pengembangan proyek Tizen, cara kerjanya, dan apa artinya. Sementara Dr Nagata, berbicara tentang bagaimana operator-operator seluler besar di seluruh dunia berencana untuk menggunakan sistem operasi mobile Tizen, mengapa Tizen menyediakan pilihan yang lebih luas kepada konsumen, dan bagaimana Tizen akan memberikan kepuasan yang lebih kepada konsumen. Tizen akan memungkinkan operator untuk menyesuaikan pengalaman pengguna di atas sebuah basis HTML5 yang stabil yang akan memberikan portabilitas aplikasi diantara hardware telepon yang berbeda.


Setelah itu, Tizen Mini-Summit diisi oleh seminar tentang "Introduction to Tizen and Tizen Mobile Architecture" yang dibawakan oleh Seokjae Jeong dari Samsung (Anda bisa mengunduh materinya disini), dilanjutkan dengan "HTML5, WebApp Development & WebAPIs" yang dibawakan oleh Shintaro Agatsuma dari Intel, kemudian "Introduction to Tizen SDK" oleh Jisoo Kim dari Samsung (Anda bisa mengunduh materinya disini), dan diakhiri dengan "Introduction to Tizen IVI" oleh Toshiyuki Mitsue dari Intel.