50 ribu pengembang HTML5 appMobi telah bekerja pada 100 juta aplikasi hybrid


appMobi hari ini mengumumkan bahwa aplikasi hybrid yang dibuat dengan tool HTML5 telah dimulai pengembangannya sebanyak lebih dari 100 juta kali, dan jumlah pengembang aplikasi HTML5 yang aktif dengan menggunakan platform mereka telah melewati tonggak 50.000 pengembang. Angka itu merupakan peningkatan 5 kali lipat dalam 12 bulan terakhir, dan merupakan indikasi serius dari pergeseran industri yang terus beralih dari pengembangan aplikasi proprietary asli menuju HTML5, yang merupakan satu-satunya platform terbuka untuk pengembangan aplikasi mobile lintas platform.

"Kami berkomitmen untuk HTML5 sejak tahun 2009 dan kami telah bekerja beras untuk waktu yang cukup lama dalam mengisi bagian yang hilang dari kehadiran standar pengembangan ini, yang memungkinkan HTML5 untuk bersaing dengan pemain yang telah ada di lapangan seperti iOS dan Android sebagai platform mobile," kata Dave Kennedy, CEO dari appMobi. "Hal ini sangat memuaskan bagi kita untuk melihat puluhan ribu pengembang aplikasi dan game mobile berbondong-bondong beralih ke HTML5 dengan menggunakan tool pengembangan kami untuk membuat aplikasi lintas platform secara besar-besaran yang berjalan di iOS, Android, Facebook dan Open Web. Pengembangan HTML5 mobile benar-benar telah tiba, dan analisis di platform kami telah memunculkan beberapa statistik yang menggembirakan tentang pertumbuhannya."

Statistik HTML5 appMobi yang menarik termasuk:
  • Hampir semua dari 50.000+ pengembang yang aktif telah membuat paling tidak satu aplikasi, dimana 25% dari mereka telah menciptakan 3 aplikasi atau lebih.
  • Jenis-jenis aplikasi yang dibuat dengan HTML5 secara keseluruhan mencakup: 40% berjenis media, 35% berjenis game, dan 15% untuk retail.
  • Aplikasi yang dibuat dengan appMobi telah dijalankan lebih dari 100 juta kali di semua perangkat yang didukung.
  • Pengembang memanfaatkan appMobi untuk membuat aplikasi untuk berbagai platform: mayoritas aplikasi mereka diporting untuk toko aplikasi iOS dan Android. (Facebook kemudian ditambahkan pada Q1).
  • Dalam 12 bulan terakhir, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah aplikasi HTML5 hybrid sebagian besar hanya 8 minggu.
  • Lebih dari setengah dari pengembang dari tahun lalu telah bekerja pada aplikasi baru dalam 30 hari terakhir.

Sebagai bagian dari langkah untuk menarik lebih banyak pengembang aplikasi dan game dari iOS untuk mengadopsi HTML5 untuk pengembangan lintas platform, appMobi telah merestrukturisasi berbagai layanan cloud menjadi satu layanan tunggal untuk semuanya termasuk dengan harga baru yang menghilangkan risiko bagi pengembang yang ingin menambahkan layanan cloud untuk game dan aplikasi.

Seperti semua layanan cloud, layanan appMobi berbasis cloud ditagih pembayarannya berdasarkan oleh jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU). Untuk mendorong pengembang untuk bereksperimen dan menghasilkan aplikasi dan game yang menguntungkan, appMobi menawarkan akses penuh ke semua layanan cloud secara gratis kepada aplikasi yang pertama memperoleh 10.000 pengguna aktif bulanan. Tidak seperti iOS dan Android, yang menarik bayaran dari pengembang sebesar 30% dari pendapatan mereka untuk penggunaan platform mereka, appMobi mengenakan tarif yang sangat ringan hanya sebesar $0,10 per MAU ketika aplikasi mencapai sukses dan naik di atas 10.000 MAU. Aplikasi enterprise dan aplikasi gratis juga didukung.