Prototipe smartphone Tizen akan ditampilkan minggu depan?


Tizen Developer Conference yang pertama akan diadakan pada tanggal 7-9 Mei 2012 di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Acara pengembang ini sekaligus akan menjadi peluncuran platform mobile open source Tizen oleh Linux Foundation, Samsung Electronics dan Intel. Tidak hanya itu, Samsung direncanakan juga akan menunjukkan prototipe dari smartphone Tizen.

Seorang pejabat Samsung yang mengetahui tentang proyek Tizen menyebutkan bahwa Samsung telah mempersiapkan untuk menampilkan prototipe smartphone Tizen pada acara ini. "Samsung Electronics akan mengadakan konferensi pengembang Tizen di San Fransisco minggu depan, dimana versi pertama dari Tizen akan dirilis," katanya. "Jika Anda menginginkan perangkat ini, maka operator akan merilisnya pada semester kedua tahun ini."

Pejabat ini juga menjelaskan bahwa pada saat konferensi berlangsung, perwakilan dari Samsung akan melakukan presentasi sambil menunjukkan prototipe smartphone yang menjalankan OS Tizen. "Presentasi yang akan menjelaskan bahwa OS Tizen dapat dipasang pada berbagai perangkat mobile secara 'cross-platform' akan menjadi signifikan dalam pengungkapan ini," katanya menjelaskan.

"Samsung ikut dalam pengembangan Tizen seperti yang diumumkan oleh Linux Foundation saat meluncurkan proyek Tizen pada musim gugur yang lalu, namun sebenarnya Samsung telah menyiapkan [OS Tizen] sejak tahun 2006," katanya. "S`msung telah menyerahkan hak untuk mendistribusikannya kepada Linux Foundation," tambahnya.

Samsung Electronics bekerjasama dengan Linux Foundation dan Intel Corporation bekerjasama untuk mengembangkan platform mobile open source yang akan dioptimalkan untuk perangkat seperti smartphone, tablet, netbook, smart TV dan sistem IVI. Konferensi tahunan pertama Tizen Developer Conference yang diadakan di hotel Hyatt Regency untuk tahun ini, diselenggarakan untuk mengenalkan teknologi Tizen dan aplikasi berbasis HTML5 untuk pengembang dan anggota dari komunitas Tizen dan Linux.

Samsung akan mengambil peran utama untuk konferensi kali ini. Sebanyak 47 sesi yang diadakan, termasuk penjelasan arsitektur Tizen dan pengembangan aplikasi web, Samsung akan mengambil 17 sesi. Para pembicara akan menjelaskan tentang masa depan komputasi mobile, dimana open source akan menjadi tonggak penting bafi pengembang software, vendor perangkat, operator mobie, perusahaan dan pengguna perangkat mobile yang terlibat didalamnya.

Platform Tizen akan mencoba tampil berbeda dengan segala kelebihan dan keuntungan yang dimilikinya untuk bersaing dengan Apple iOS yang tertutup, Google Android yang penuh fragmentasi dan Windows Phone yang lemah dari sisi kustomisasi serta pangsa pasarnya yang masih terbilang kecil.