Demo model 3D dari Half Life yang berjalan pada HTML5 + WebGL


Game berbasis web bukanlah ide baru, dan telah ada selama bertahun-tahun dengan mengandalkan Flash plug-in untuk membuatnya berjalan. Tapi munculnya HTML5 dan WebGL membuat masa depan game di perangkat Tizen yang mengandalkan aplikasi berbasis web menjadi terlihat sangat menjanjikan.

Kita sekarang dapat berharap untuk game 3D yang bisa menyaingi apa yang kita lihat saat ini di konsol dan PC, tidak terbatas hanya pada gameplay 2D seperti Angry Birds atau Cut the Rope saja. Kita belum sampai di sana, tapi demo semakin banyak muncul yang memamerkan apa yang mungkin bisa digunakan saat ini.

Salah satu contoh dapat Anda lihat dalam gambar. Ini adalah penampil untuk model Half-Life yang ditulis dalam WebGL dan mampu tidak hanya melakukan rendering pada model, tapi memainkan salah satu animasi yang bisa dipilih untuk diimplementasikan pada setiap karakter.




Meskipun hanya penampilan model, namun hal ini sudah menunjukkan bahwa HTML5 sekarang lebih dari mampu hanya untuk sekedar menangani konten 3D. Anda dapat mencoba memainkan karakter Zombie dari Half-Life di WebGL.com, tapi sebelumnya pastikan Anda memiliki versi paling up-to-date dari browser pilihan Anda sebelum menjalankannya. Anda juga dapat membaca tentang apa yang diperlukan animasi 3D ini untuk bekerja dengan baik. Anda juga bisa mempelajari tutorial membuat model Half Life dengan WebGL disini.

WebGL adalah standar web cross-platform dan bebas royalti untuk low-level 3D graphics API berdasarkan OpenGL ES 2.0, terekspos melalui elemen HTML5 Canvas sebagai Document Object Model interfaces. Anda bisa mempelajari HTML5 dan WebGL untuk pengembangan aplikasi Tizen beserta contoh-contohnya disini.