Dawati untuk Tizen menggunakan hybrid X-Wayland


Waktu menjelaskan tentang Wayland 1.0 dan kompositor Wayland di FOSDEM (Free and Open Source Software Developers' European Meeting) 2012 yang berlangsung di Brussel, Belgia, keynote Kristian Høgsberg menggunakan Dawati untuk menunjukkan compositor hybrid X-Wayland, berbicara tentang GNOME Shell pada Wayland dengan Mutter, dan banyak lagi.

Pembicaraan itu sendiri, yang terjadi di ruang pengembangan X.Org, adalah tentang "cara-menulis compositor Wayland" dan pembicara adalah Robert Bragg dan Neil Roberts. Robert dan Neil bekerja untuk Intel Open-Source Technology Center yang ada di London dan akhir-akhir ini telah ditugaskan pada Wayland.

Duo ini berbicara tentang Wayland Weston compositor, dan pada layar untuk presentasi mereka menggunakan Dawati. Dawati adalah proyek open source untuk membuat komputer yang membantu orang untuk menyelesaikan sesuatu. Dawati telah digunakan dalam proyek-proyek Moblin, MeeGo sebelumnya dan sekarang digunakan pada Tizen untuk memberikan user interface buat jutaan orang di seluruh dunia. Sasaran utama untuk Dawati adalah netbook dengan prosesor Intel Atom, grafis 3D, layar kecil (10-inci), keyboard dan trackpad. Seiring waktu target Dawati akan diperluas ke beberapa monitor, layar sentuh, dan prosesor yang lebih kuat.

Dawati terdiri dari banyak proyek yang berbeda dimana Anda harus mengerjakannya secara bersama-sama untuk membuat sistem yang dapat digunakan:
  • dawati-shell - sekumpulan toolbar dan panel default untuk menangani useful experience minimal
  • dawati-artwork - tema spesifik non dawati untuk sound, gtk+, pointer, dll yang akan membantu untuk menciptakan suatu sistem terpadu
  • dawati-help - link ke dokumentasi
  • bisho - aplikasi untuk login ke jejaringan sosial
  • dawati-jhbuild - membantu pengembang membangun beberapa atau semua dawati pada sistem mereka

Dawati bekerja dengan dan bergantung pada kontribusi yang sangat berharga dari sejumlah free software lainnya dan komunitas open source, khususnya: GNOME, Clutter, GTK+, Banshee dan Media Explorer. Sedangkan pengembang OTC Intel memporting Dawati shell interface untuk bisa berjalan pada compositor berbasis XWayland, dimana akan dipasangkan dukungan elemen X.Org dengan Wayland.

Untuk mengetahui semuanya tentang compositors Wayland, demo singkat, dan rincian lainnya, bisa dilihat lewat video dari Phoronix di bawah ini.


Via phoronix