Vendor Tizen bergabung untuk kembangkan ekosistem 4G di Asia


Operator Jepang NTT DoCoMo dan lima vendor regional akan bekerja sama untuk memproduksi chipset LTE baru untuk perangkat mobile. Kelompok ini, yang meliputi Fujitsu, Fujitsu Semiconductor, NEC, Panasonic Mobile Communications dan Samsung Electronics, berencana untuk mendirikan perusahaan joint venture pada akhir Maret 2012.

DoCoMo akan berinvestasi sekitar 450 juta yen (sekitar 54 milyar rupiah) dalam sebuah usaha melalui anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh yang disebut Communication Platform Planning. Unit ini akan dipimpin oleh Mitsunobu Komori, yang saat ini menjabat sebagai Chief Technical Officer DoCoMo, pada pertengahan Januari. Dalam sebuah pernyataan, DoCoMo mencatat bahwa usaha tersebut akan fokus pada pengembangan produk untuk standar LTE dan LTE-Advanced yang kemudian akan dijual di pasar global. Rincian spesifik tetap sedikit, dengan pernyataan yang menambahkan bahwa semua pihak masih menyetujui persyaratan dan kondisi. Dari catatan, pernyataan tersebut menambahkan bahwa upaya kelompok akan melihat perkembangan dari produk semikonduktor yang berukuran kecil, konsumsi rendah daya "yang dilengkapi dengan fungsi modem."

Secara teori, chip fabrikasi ini akan membantu perusahaan mengurangi ketergantungan mereka pada komponen yang disediakan oleh Qualcomm, yang mendominasi pasar untuk semikonduktor yang digunakan dalam smartphone.

Dari semua vendor yang ada di kelompok ini, sebagian besar adalah anggota Board of Directors dari Tizen Association yang baru diresmikan beberapa hari yang lalu. Tizen Association sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Morgan Gillis, Direktur Eksekutif dari Tizen Association akan berbicara pada acara 4G World Asia tahun ini yang akan diadakan di Raffles City Convention Centre, Singapura pada tanggal 17-19 April 2012.

4G World Asia akan menghadirkan proposisi nilai unik yang terletak pada inovasi, konten terkemuka pada industri ini, serta pengembangan bisnis dan kesempatan jaringan, bersama dengan pameran kelas dunia yang menampilkan ratusan solusi di generasi full 4G dan mobile Internet landscape.

4G World Asia akan membangun model yang sukses. Program ini khusus dirancang untuk memberikan audiens dari operator kunci, penyedia layanan dan penasehat mereka di bawah satu atap, meningkatkan wawasan bisnis dan prospek jaringan dengan peserta lain dari seluruh wilayah Asia Pasifik. Melayani ekosistem 4G secara komplit dalam acara komprehensif tunggal, 4G World menyajikan program konferensi kelas dunia yang menyoroti saling ketergantungan yang berkembang pesat antara model bisnis operator, teknologi radio mobile, arsitektur jaringan inti, serta aplikasi mobile, layanan dan konten.


Tizen  Association juga mendukung acara 4G Devices, Smartphone Apps, M2M 2012 World Summit yang akan berlangsung di Seoul, Korea Selatan pada bulan Maret ini. Pada KTT yang unik ini, regulator telekomunikasi dan operator, pengembang aplikasi, desainer ponsel, vendor smartphone, OEM, vendor chip, investor dan visioner 4G/5G dari Asia, Amerika Utara, Eropa & Timur Tengah, akan membahas "Next Big Thing" dalam perangkat 4G dan strategi untuk masa depan.