Tizen akan menjadi platform mobile kedua yang menggunakan aplikasi WAC


WAC adalah singkatan dari Wholesale Applications Community, yaitu komunitas yang dibentuk untuk meningkatkan ketersediaan aplikasi untuk pasar mobile secara keseluruhan. WAC akan berusaha mencapai tujuan ini dengan mendorong standar teknologi terbuka, mendorong skala penyebaran dari teknologi tersebut dan menyediakan model komersial yang saling melengkapi. Hal ini akan memungkinkan para pengembang untuk menggunakan aplikasi di beberapa perangkat (melalui penggunaan teknologi standar) dan di beberapa operator (tanpa perlu bernegosiasi dengan masing-masing dari mereka). WAC akan mendorong sisi komersial yang akan memungkinkan pengembang untuk dibayar sesuai dengan aplikasi buatan mereka yang telah dijual melalui toko aplikasi yang terkait.

WAC akan mempromosikan penggunaan teknologi web untuk memungkinkan pengembang dalam menulis aplikasi yang dapat dieksekusi pada web runtime web untuk platform perangkat mobile. WAC juga akan memungkinkan aplikasi yang akan digunakan di seluruh toko aplikasi bisa terkoneksi. Hasil akhir dari pendekatan WAC adalah untuk meningkatkan jumlah aplikasi yang tersedia untuk pengguna perangkat mobile secara besar-besaran dengan menyederhanakan dan menurunkan biaya dari proses pengembangan aplikasi, pengujian dan penyebaran oleh pengembang. WAC adalah kendaraan untuk membawa industri mobile secara keseluruhan bersama-sama untuk mencapai tujuan ini. WAC percaya dalam pengoperasian yang terbuka dan transparan akan bisa memaksimalkan kepercayaan yang ditunjukkan oleh pengembang, operator dan pemain industri lainnya.

Aplikasi WAC untuk versi awal didasarkan pada spesifikasi WAC 1.0 yang diluncurkan tahun lalu, sementara kemarin WAC telah meluncurkan spesifikasi terbaru untuk versi 2.0 yang mendukung aplikasi web berbasis HTML5 dengan kemampuan multimedia. Inisiatif ini menjanjikan dukungan untuk penagihan dalam aplikasi (in-app billing) dan identifikasi pengguna dalam spesifikasi untuk versi 3 akan segera tersedia pada bulan September ini.

Pada konferensi pers yang dihadiri perwakilan dari Vodafone, AT&T, Ericsson, Orange, KT, Samsung dan Telefonica, COO Julio Lina dari Telefonica menyatakan kebanggaannya kepada pers yang hadir. "Ada banyak keraguan setahun yang lalu terkait dengan banyaknya perusahaan yang berbeda dalam industri ini agar bisa bergerak dengan cepat," kata perwakilan dari operator Spanyol itu yang telah mencobanya terlebih dulu untuk pertama kalinya seraya menambahkan: "Tapi kita semua sekarang bisa bergerak dengan kecepatan yang tepat."

Perwakilan dari WAC juga ingin menekankan bahwa sekitar 12.000 aplikasi saat ini sudah tersedia melalui WAC yang akan difokuskan pada pasar ponsel dan smartphone. "Kami benar-benar ingin memperluas aplikasi untuk ponsel dan membuka penggunaan data dalam ruang itu," kata Combes Vodafone.

Sementara itu CEO dari WAC Peter Suh menekankan bahwa inisiatif tersebut mendapat dukungan dari komunitas vendor perangkat ponsel, termasuk Huawei, LG, Samsung, Sony Ericsson dan ZTE. Dalam sebuah pernyataannya kemudian, tercatat bahwa baik Samsung dan LG "akan menerapkan penggunaan lebih lanjut dari WAC dengan memastikan bahwa semua perangkat yang dibuat oleh kedua perusahaan ini akan mampu mendukung WAC runtime."

Samsung menjadi vendor ponsel pertama di dunia yang mengumumkan dukungan WAC untuk platform smartphone bada buatan mereka sendiri. Dan untuk selanjutnya, dukungan terhadap aplikasi WAC juga akan diterapkan pada platform mobile Tizen, sebuah proyek open source yang berbasis Linux yang dinahkodai oleh Intel dan Samsung.

Buat Anda yang tertarik dengan WAC bisa mengunjungi situs resminya di http://www.wacapps.net