Linux Foundation luncurkan Proyek Open Source Tizen dengan dukungan Intel & Samsung


Linux Foundation hari ini meluncurkan Tizen, sebuah proyek open source baru yang merupakan rumah dari platform software Tizen, sistem operasi mobile untuk perangkat berbasis Linux dan proyek-proyek "upstream" populer lainnya. Tizen akan mendukung beberapa kategori perangkat, seperti smartphone, tablet, Smart TV, netbook, dan perangkat infotainment dalam kendaraan (in-vehicle infotainment). Linux Foundation akan menjadi tuan rumah dari proyek ini, di mana pengembangan Tizen akan benar-benar terbuka dan dipimpin oleh tim pengarah teknis yang terdiri dari Intel dan Samsung.

Tizen API (application programming interfaces) didasarkan pada HTML5 dan standar web lainnya, dan juga telah mengantisipasi bahwa sebagian besar pengembangan aplikasi Tizen akan didasarkan pada standar-standar baru yang muncul. API ini akan mencakup kemampuan dari berbagai platform, seperti pesan, multimedia, kamera, jaringan, dan media sosial. Bagi mereka yang menggunakan kode "native" dalam aplikasi mereka, Tizen SDK akan mencakup "native development kit." Pihak pengembang juga menjanjikan akan membuka seluruh stack dari software Tizen, mulai dari inti OS melalui aplikasi inti hingga user interface yang telah dipoles.

Proyek Tizen akan berada dalam Linux Foundation dan akan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis (Technical Steering Group). Kelompok ini adalah badan pengambil keputusan utama untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan platform dan pengiriman, bersama dengan pembentukan kelompok kerja untuk mendukung perangkat vertikal.

Tizen akan menyediakan lingkungan yang kuat dan fleksibel untuk pengembang aplikasi, berdasarkan HTML5 dan Wholesale Applications Community (WAC). Dengan kapabilitas HTML5 yang kuat dan fleksibilitas lintas platform, Tizen diharapkan akan cepat menjadi lingkungan pengembangan yang lebih disukai untuk aplikasi dan layanan mobile. Tizen SDK dan API akan memungkinkan para pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi web terkait untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di beberapa segmen perangkat sekaligus, termasuk smartphone, tablet, Smart TV, perangkat infotainment dalam kendaraan, dan netbook.

Smartphone
Teknologi smartphone Tizen termasuk user interface yang fleksibel dan powerful, 3D window effects, multimedia canggih, framework layanan berbasis lokasi (LBS), framework sensor, dan kemampuan multi-tasking dan multi-touch. Selain itu, dukungan untuk resolusi layar scalable berarti bahwa platform ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai jenis handset dan form factor.

Tablet
Tizen menawarkan user interface yang dioptimalkan untuk layar sentuh untuk tablet dengan suite dari aplikasi built-in untuk browsing Web, personal information management (PIM), dan konsumsi media.

Netbook
Tizen akan menyediakan fitur yang luas, peningkatan kinerja, dan pengalaman pengguna yang kaya untuk netbook. Tizen sangat ringan, scalable, fast-booting, brand-able operating system, dengan dukungan canggih untuk sentuhan dan konektivitas.

In-Vehicle Infotainment
Sistem In-Vehicle Infotainment adalah perangkat yang memberikan navigasi, hiburan, dan layanan komputasi jaringan di kendaraan, seperti mobil, truk, pesawat, dan bus. Platform software In-Vehicle infotainment dari Tizen dirancang untuk memungkinkan kemampuan internet dan pengalaman multimedia yang kaya untuk kendaraan.

Smart TV
Tizen untuk Smart TV memberikan open standards-based Linux stack yang lengkap, yang telah dioptimalkan untuk perangkat hiburan di rumah, seperti Blu-ray player, set top box, dan TV digital. Tizen dirancang untuk pengalaman Internet TV yang terhubung, memungkinkan pengguna untuk menikmati akses ke beberapa aplikasi, layanan, dan media pribadi, semuanya sambil menonton TV.

Pihak Linux Foundation berharap bisa merilis Tizen dan SDK pertamanya pada kuartal pertama 2012. Tizen rencanyanya juga akan diperkenalkan secara luas di acara-acara besar selama 2012 seperti pameran teknologi terbesar CES yang berlangsung pada bulan Januari 2012 di Nevada, Las Vegas, Amerika Serikat, dan acara tahunan Mobile World Congress yang akan berlangsung pada bulan Februari 2012 di Barcelona, Spanyol.